BAGAIMANA MENCARI KEBENARAN DI KITAB SUCI?






BAGAIMANA MENCARI KEBENARAN DI KITAB SUCI?

Di Kitab Suci Anda sering mendapati dua ayat yang terlihat “berbeda” dan itu membingungkan bukan.? Lalu orang berdebat, bertengkar dan saling menyalahkan. Ini aneh saudaraku. Kok aneh pak? Ya aneh, sebab mereka mempertentangkan perkataan Tuhan sendiri dan menyalahkannya. Aneh bukan?

Saya ingin mengambil contoh ayat di Kitab Suci yang terlihat berbeda, yaitu tentang Anak dan Bapa. Tuhan berfirman Aku dan Bapa adalah satu, tetapi di ayat lain Tuhan berkata Bapa lebih besar dari pada Aku.

1. “Aku dan Bapa adalah satu.” (Yohanes 10:30)

2. “Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.” (Yohanes 14:28)

Anda bingung bukan saudaraku? Mungkin Anda bertanya: Mana yang benar pak? Saya jawab: Kedua firman itu benar. Haah.????? Kok bisa begitu pak? Ya, karena semua ayat itu adalah firman Tuhan. Masakan Tuhan salah saudaraku? Lalu mungkin Anda berkata: Kalau keduanya benar, mana yang salah pak? Saya jawab: Anda yang salah saudaraku, sebab Anda mempertentangkan kedua ayat itu dan bukan mencari kebenarannya. Itu masalahnya.

Saya ingin mengatakan hal ini: Sebagai anak Allah yang dipimpin Roh Kudus, saya tidak diajarkan untuk mempertentangkan firman Tuhan di Kitab Suci. Ketika saya menemukan dua ayat yang berbeda, maka saya bertanya kepada Roh Kudus. Mengapa? Sebab Roh Kudus adalah Roh Kebenaran saudaraku. Roh Kuduslah yang akan mengartikan dan menyatakan kebenarannya. Pikiran manusia tidak mampu melakukan hal itu. Percayalah!

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yohanes 14:16-17)

Saudaraku, saya mengambil contoh dua ayat tentang Anak dan Bapa di atas. Ketika saya menanyakan hal itu kepada Roh Kudus, maka Roh Kudus menyatakan kebenaran kedua ayat itu, bahkan membawa roh saya ke dalam sorga untuk melihat Anak dan Bapa itu. Ketika melihat kebenarannya di sorga, maka jelaslah semuanya saudaraku. Mengapa? Sebab saya bukan hanya mengetahui kebenarannya, tetapi juga telah melihat Anak dan Bapa di sorga itu.

Umat yang dikasihi Tuhan, Roh Kudus adalah Roh Penolong yang diberikan Bapa di sorga untuk menjadi penolong bagi hidup Anda. Bukan hanya penolong dalam hal jasmani, tetapi juga dalam hal rohani. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang menuntun anak-anak Allah mengenal kebenaran di bumi. Saya boleh mengatakan sesuatu saudaraku? Jika saya melihat seorang percaya mempertentangkan dua firman Tuhan di Kitab Suci, maka saya tahu dia tidak dikuasai oleh Roh Kudus, tetapi roh dunia. Mengapa? Sebab Roh Kudus membawa kepada kebenaran, tetapi roh dunia membawa kepada penyesatan.

Tuhan Yesus memberkati…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel