MENGAKUI DOSA ADALAH AWAL PERTOBATAN





MENGAKUI DOSA ADALAH AWAL PERTOBATAN

Daud berzinah dengan Batsyeba, lalu membunuh Uria, suami Batsyeba dan hasil dari hubungan gelap itu melahirkan seorang anak. Ketika anak itu lahir, Allah menyuruh Natan untuk menegur dosa Daud itu. Ini berarti lebih dari 1 tahun, sejak Daud meniduri Batsyeba dan anak itu lahir, Daud tidak mengakui dosanya itu kepada Allah.

Kapan Daud mengakui dosanya itu? Ketika Allah menegurnya melalui Natan. Daud mengaku berdosa kepada Tuhan dan Daud masuk dalam pertobatan yang sungguh dengan berpuasa dan berbaring di tanah. Daud menyesali sekali perbuatannya dan melakukan pertobatan di mata Tuhan.

“Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.” (2 Samuel 12:13)

Saudaraku, pertobatan dimulai dari pengakuan dosa dihadapan Tuhan. Ini berarti Anda harus mengakui dosa dan kesalahan yang Anda lakukan itu dihadapan Tuhan. Ketika Anda mengakui dosa, itu berarti Anda sadar telah melanggar firman Tuhan. Pengakuan dosa akan membuat Tuhan mengampuni dosa Anda dan menyucikan hidup Anda dari segala kesalahan.

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1:9)

Saat seorang manusia tidak mengakui dosanya dihadapan Tuhan, maka Iblis memiliki kesempatan untuk menuduh dan mendakwa Anda saudaraku. Iblis akan berkata: Kamu orang berdosa! Kamu orang jahat! Dosamu sangat besar! Kamu akan masuk ke neraka! Tidak ada pengampunan lagi bagimu! Tuhan tidak mengasihi kamu lagi! Dan lain-lain saudaraku. Anda akan diburu oleh perasaan bersalah karena itu. Hal itu juga dikatakan Daud dalam Mazmurnya tentang pergumulan dosanya.

“Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.” (Mazmur 51:5)

Saudaraku, apapun dosa yang telah Anda lakukan dalam hidup Anda, ingatlah 1 hal ini: Selalu terbuka pintu pengampunan Tuhan apabila Anda datang kepada-Nya hari ini dan mengakui dosa dan kesalahan Anda. Akui dosa Anda dan minta Tuhan membebaskan Anda dari perasaan tertuduh dan tinggalkan dosa Anda itu saudaraku. Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak berdosa di dunia ini. Semua manusia berdosa dihadapan Tuhan dan itulah sebabnya Anda perlu Tuhan dalam hidup Anda.

“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.” (Roma 3:23-24)

Umat yang dikasihi Tuhan, Anda yang membaca artikel ini jauh lebih benar dihadapan Tuhan dibandingkan saya yang menulis artikel ini. Saya orang paling berdosa dan tidak layak dihadapan Tuhan dibandingkan Anda saudaraku. Tetapi kebenaran firman Tuhan harus menjadi pegangan hidup Anda melebihi tuduhan Iblis kepada Anda. Apa itu? Jika Anda mengakui dosa Anda, maka Tuhan akan mengampuni dosa Anda dan menyucikan hidup Anda dari segala kejahatan. Ini janji Tuhan dan janji Tuhan adalah ya dan amin. Janji Tuhan adalah kebenaran!

Tuhan Yesus memberkati…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel