Sejarah Islam di Tanah Israel



Sejarah Islam di Tanah Israel

Kawasan Temple Mount atau yang disebut Har Habayit dipercaya oleh umat Yahudi sebagai lokasi tempat Abraham mempersembahkan Ishak kepada TUHAN. Di lokasi ini pula dipercaya Bait Suci Salomo dibangun lalu dihancurkan oleh Babilonia pada tahun 586 SM. Bait Suci kedua yang dibangun pada abad ke 6 SM diruntuhkan oleh Romawi pada tahun 70 Masehi. Keruntuhan Bait Suci ini diperingati oleh umat Yahudi hingga sekarang ini dalam hari Raya Tisha B’Av. Bangsa Yahudi juga percaya di Temple Mount, Daud membangun mezbah untuk TUHAN.

Menurut Islam, Temple Mount atau al Haram al Sharif adalah lokasi Nabi Muhammad SAW naik ke surga sehingga di lokasi ini dibangunlah Masjid Al Aksa, masjid tersuci ketiga setelah dua masjid di Arab Saudi. Menurut sejarah, orang Islam pertama yang datang ke Israel adalah Nabi Muhammad SAW.

Berikut sejarah penjajahan penguasa Islam di Tanah Israel:

1. Kalifah Omar bin Khattab dari Arab Saudi datang ke Yerusalem bersama 4000 orang pasukannya tahun 637 Masehi

2. Abdul Malek ibn Marwan membangun Masjid Kubah Emas 691 Masehi

3. Abdul Malek ibn Marwan membangun Masjid Al Aksa 693 sampai 705 Masehi

4. Terjadi gempa bumi yang merubuhkan Kubah Emas tahun 1016 Masehi

5. Pemugaran Masjid Kubah Emas selama 6 tahun oleh Kalifah Hakim yang beraliran Syiah dimulai tahun 1022 Masehi

6. Pasukan Salib (Crusaders) dari Inggris menguasai Yerusalem tahun 1099 Masehi

7. Saladin dari Irak menguasai Yerusalem tahun 1187 Masehi

8. Sultan Ottoman Sulaeman I dari Turki berkuasa di Yerusalem pada periode 1520-1566 merenovasi Kubah Emas dan Tembok Yerusalem. Ottoman berkuasa di Yerusalem selama 400 tahun

9. Inggris berkuasa di Israel sejak 1918


Jadi jelas Islam ada di tanah Israel bukan sebagai agama yang lahir di tanah Israel seperti Yahudi dan Kristen. Islam ada karena pendudukan dan itupun terjadi 600 tahun lebih setelah Yesus lahir di Bethlehem, Israel. Yesus saja lahir ribuan tahun setelah Daud dan anaknya Salomo hidup di Israel. Dengan demikian bangunan masjid atau situs Islam dibangun di atas reruntuhan situs Yahudi! Yang terakhir datang membangun di atas yang terdahulu, bukan terbalik ya.
Bisa berhitung pun berguna untuk belajar sejarah agar urut-urutan sejarah tahun ke tahun itu sesuai kronologi, cocok ngga melompat-lompat.

Meski berlokasi di Yerusalem yang adalah ibukota Israel, kawasan Temple Mount kewenangannya berada di tangan Yordania melalui Dewan Wakaf sesuai kesepakatan perdamaian antara Yordania dan Israel tahun 1994. Palestina tidak ada sangkut-pautnya dengan kawasan Masjid Al Aksa dan Kubah Emas. Namun untuk keamanan area kedua masjid ini, termasuk urusan pengaturan kunjungan turis dan umat yang mau beribadah diserahkan kepada Israel.

Kemarin 148 negara anggota PBB memutuskan kawasan bekas Bait Suci Salomo berdiri tidak ada kaitannya dengan sejarah bangsa Yahudi. Di antara yang menolak cuma Amerika, Kanada dan Australia. Untung deh masih ada yang waras dan tahu sejarah. Kita harus belajar sejarah agar jangan dibohongi PBB.

#edukasiIsrael
#HadassahofIndonesia

Sumber Fb Hadassah of Indonesia

0 Response to "Sejarah Islam di Tanah Israel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel