Listrik Untuk Gaza Dari Israel



Listrik Untuk Gaza Dari Israel

Yosef Abramowitz adalah seorang Yahudi, pemilik perusahaan Energiya Global yang menyediakan listrik untuk Gaza, Palestina. Saat acara Christian Media Summit Oktober lalu, saya dan rombongan yang tertarik dengan energi dan pertanian datang ke kantornya di Yerusalem. Saya melihat sebuah surat ditempel di dinding yang berkaitan dengan rencana pasokan listrik untuk Gaza yang melibatkan perusahaan Yosef. Listrik di Gaza memang sangat bergantung pada Israel sebab Otoritas Palestina sudah stop biayai listrik untuk Gaza sejak Gaza dikuasai Hamas. Otoritas Palestina dikuasai Fatah yang berseberangan dengan Hamas.

Yosef lalu mengajak saya untuk datang makan malam Sabat di rumahnya di kawasan Baqa, permukiman Yahudi yang asri di Yerusalem. Saat saya berjalan melewati rumah-rumah warga untuk sampai di rumah Yosef, saya mendengar doa-doa dilantunkan serta obrolan dalam bahasa Ibrani saat duduk makan malam.

Saya tiba terlambat karena nyasar dan Yosef tidak bisa dihubungi selama Sabat. Saat tiba di rumah Yosef, sudah ada 11 tamu lain yang diundang seperti saya. Tamu Yosef dari Amerika, ada investor, ada penulis buku, ada inisiator Jerusalem Bike dan pasangan misionaris yang sedang ada acara kongres Kristen Zionis di Tel Aviv. Orang Israel yang diundang seorang wartawan dari Jerusalem Post, anak seorang investor BitCoin dan mahasiswa yeshiva seorang perempuan yang belajar jadi rabbi. Istri Yosef adalah rabbi perempuan (foto di tengah). Suasana makan malam tidak bisa saya foto karena orang Yahudi tidak boleh difoto, menulis, menelepon, mematikan atau menyalakan lampu, tidak bekerja saat Sabat dimulai pada Jumat jam 6 hingga Sabtu jam 6.

Sebenarnya saya heran, kok bisa-bisanya diundang makan malam di rumah padahal belum kenal ya? Baru ketemu di kantor, kok udah percaya sama saya? Tapi itulah orang Israel, banyak yang ramah dan tertarik mengenal orang lain. Dengan mudah, orang seperti Yosef membuka pintu rumahnya karena hatinya memang baik. Kalo ngga baik, ngga mungkin Gaza dibantuin listrik. Tak kenal maka tak sayang.

#EdukasiIsrael
#HadassahofIndonesia

0 Response to "Listrik Untuk Gaza Dari Israel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel