Bob Dylan, Si Yahudi Penerima Nobel Sastra




Bob Dylan, Si Yahudi Penerima Nobel Sastra

Bob Dylan atau Robert Allen Zimmerman tahun ini berusia 77 tahun adalah seorang Yahudi. Orang tua Bob Dylan adalah imigran Yahudi dari Ukraina yang berimigrasi ke Amerika. Dylan menjadi Kristen sekitar tahun 1970 akhir dan melahirkan album Gospel "Gotta Serve Somebody", judul lagunya antara lain "Saved", "When He Returns", "Saving Grace". Satu lagu pro Israelnya adalah "Neighborhood Bully". Lagu "All Along the Watchtower" berasal dari Yesaya 21. Bob Dylan paling tidak mengadakan tur gospel tiga kali termasuk ke Kanada dan Australia. Fans banyak yang mengecam karena lagu-lagunya merujuk pada Alkitab.

Meski ia menjadi Kristen, namun anak bungsunya, Jacob mengikuti Bar Mitzvah di Israel tahun 1983. Dylan punya 6 anak, satu anak dari pernikahan istrinya dengan suami sebelum Dylan. Menurut Rolling Stone, Dylan berada di nomor dua setelah The Beatles. "Blowing in The Wind" gubahan tahun 1962 menjadi lagu Dylan yang paling populer dan menempati posisi ke 14 dari 500 lagu paling berpengaruh.

Tahun 2016 Dylan mendapat Nobel Kesusastraan karena lirik lagu-lagunya dianggap berhasil menjadi inspirasi perjuangan hak-hak sipil. Namun Dylan bukan orang yang haus penghargaan sehingga ia tidak datang saat Malam Anugerah Nobel. Belum pernah dengar lagu Bob Dylan? Rugi lho! Dengerin deh. Selamat menikmati karya Bob Dylan!

"By His grace i have been touched, by His word i have been healed, by His hand i've been delivered, by His spirit i've been sealed" (Saved, Bob Dylan)

#StopMembenciYahudi
#HadassahofIndonesia

0 Response to "Bob Dylan, Si Yahudi Penerima Nobel Sastra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel