```DIADOPSI```




```DIADOPSI```

📚 *Galatia 4 : 5*
_*Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak." NLT*_
❉------->>>✿🏵✿<<<-------❉

❓Apa kesamaan antara Aleksander Agung, Art Linkletter, Bill Clinton, Edgar Allan Poe, John James Audubon, Faith Hill, Gerald Ford, Lee Majors, Marcus Aurelius, dan George Washington Carver? Mereka semua diadopsi.

👦👧Praktik pengangkatan anak sudah sangat tua; hukum tertua yang mengaturnya terdapat dalam Kode Hammurabi (1750 S.M.). Di Mesopotamia kuno, Mesir, dan Yunani, adopsi biasanya berkenaan antara orang dewasa yang mengangkat orang dewasa menjadi anggota keluarga. Dalam abad pertengahan pengangkatan anak menjadi mode, meskipun ada contoh-contoh lain yang lebih kuno dalam pengangkatan anak. Dalam masyarakat Timur Dekat kuno adopsi dilakukan untuk pelbagai alasan tapi yang paling sering adalah :
*(1)* agar orang tua yang tidak memiliki anak memiliki seseorang untuk mengurus mereka di hari tua,
*(2)* agar orangtua yang tidak memiliki anak dapat menurunkan rahasia ilmu kerajinan yang mereka miliki,
*(3)* agar nama keluarga dapat dilanjutkan, atau
*(4)* agar harta kekayaan (dan aset lainnya) dapat tetap berada di tangan keluarga.

🤵🙎‍♀️Tidak jarang para majikan mengadopsi seorang budak menjadi ahli waris mereka, yang berarti bahwa budak-budak yang diangkat itu memperoleh kebebasan. Ketika tanah di Nuzi (sebuah kota Mesopotamia kuno yang terletak dekat kota Kirkuk, Irak masa kini) dijual, transaksi ini melibatkan hukum fiktif di mana si pembeli diadopsi oleh penjual, yang _"memberikan"_ tanahnya kepada anaknya yang baru itu, yang pada gilirannya memberikan orang tuanya yang baru sebuah _“hadiah."_

👸Di antara orang Yahudi kuno adopsi bukan merupakan hal yang umum dilakukan. Ester diadopsi oleh pamannya. Dalam *Yeremia 3:19* Allah berbicara tentang mengangkat Israel sebagai anak. Sebuah dokumen dari Elephantine (di Mesir) mencatat bahwa seorang majikan Yahudi membebaskan dan mengadopsi budaknya yang Yahudi. Mungkin dapat dikatakan pula bahwa Yusuf dari Nazaret mengadopsi Yesus, anak Maria.

✅ Paulus menggunakan kiasan ini lima kali---dalam kitab Roma, Galatia, dan Efesus---untuk mereka yang menjadi orang Kristen. Allah---sekali lagi merupakan pihak yang aktif dalam mengatasi krisis dosa---mengutus Anak-Nya untuk lahir sebagai manusia untuk menyelamatkan kita, yang menjadi budak dosa. Melalui proses penebusan ini Ia membebaskan kita, menjadikan kita anak-anakNya---saudara & saudari Yesus. Sebagai hasilnya, sekarang kita menjadi anak-anak Allah dan saudara-saudari Yesus, yang _“berhak menerima segala yang ada”_ *(lbrani 1:2).* Dengan demikian _“kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah"_ *(Galatia 4:7, NLT).* Kita sekarang memiliki tempat dalam potret keluarga Allah.

🛐 *_DOA Kita Hari Ini_* 🎧

*TUHAN MEMBERKATI*

Sumber: https://www.facebook.com/AkuMengasihiTUHANYESUS/photos/a.801928906530502/2053339808056066/?type=3&theater&ifg=1

0 Response to "```DIADOPSI```"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel