MEMBEDAKAN SUARA BAPA, TUHAN YESUS DAN ROH KUDUS





MEMBEDAKAN SUARA BAPA, TUHAN YESUS DAN ROH KUDUS

Sebagai anak Allah yang percaya kepada Tuhan Yesus, dipimpin Roh Kudus dan mengenal Bapa di sorga, saya diberi karunia untuk membedakan tiga Pribadi yang berbicara kepada saya, hanya dari mendengar “intonasi” suara-Nya. Bagaimana membedakannya pak? Saya akan menjelaskan hal ini kepada Anda saudaraku :

1. Bapa di sorga

Bapa di sorga adalah Allah yang duduk di atas tahta di sorga. Suara Allah mengguntur di langit saudaraku, bergemuruh, power full dan lantang. Ketika Allah berbicara, biasanya terdengar seperti suara Pribadi Yang Lanjut Usianya.

“Allah mengguntur dengan suara-Nya yang mengagumkan; Ia melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak tercapai oleh pengetahuan kita." (Ayub 37:5)

2. Tuhan Yesus

Tuhan Yesus adalah Anak Allah atau disebut juga Anak Domba di Kitab Wahyu. Tuhan Yesus duduk di sebelah kanan Allah di sorga. Suara Tuhan Yesus terdengar lemah lembut saudaraku. Ini sama seperti dikatakan Tuhan Yesus di Kitab Suci tentang Pribadi-Nya yang lemah lembut dan rendah hati itu. Ketika Tuhan Yesus berbicara, biasanya terdengar seperti Pribadi yang berusia muda dan berumur sekitar 30-an tahun.

“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Matius 11:29)

3. Roh Kudus

Roh Kudus adalah Roh Penolong yang diberikan Bapa di sorga bagi Anda. Jika suara Tuhan Yesus lembut, maka suara Roh Kudus jauh lebih lembut lagi. Jika suara Tuhan Yesus terdengar di telinga, maka suara Roh Kudus terdengar dari dalam hati. Mengapa? Sebab Roh Kudus tinggal di dalam tubuh manusia dan menjadikan tubuh Anda bait atau kediaman-Nya. Suara Roh Kudus terdengar seperti suara Pirbadi yang berusia muda.

“Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Korintus 3:16)

Saya ingin mengatakan hal ini: Jika Anda tidak terbiasa mendengarkan suara Roh Kudus, maka Anda pasti bingung membedakan suara yang berbicara di dalam diri Anda. Mengapa? Sebab di dalam tubuh manusia ada 3 suara yang bisa berbicara, yaitu suara hati Anda, suara Roh Kudus dan suara si jahat. Bagaimana membedakannya pak? Saya jawab: Mudah saudaraku. Di Kitab Suci disebut “menguji roh”, Anda dapat menguji roh yang sedang berbicara di dalam diri Anda.

“Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.” (1 Yohanes 4:1)

Mungkin Anda bertanya: Bagaimana caranya pak? Saya jawab: Mudah saudaraku. Fungsi Roh Kudus di Kitab Suci adalah mengingatkan Anda akan perkataan atau firman Tuhan yang ada di Kitab Suci. Ketika Roh Kudus berbicara, maka Anda bisa berkata seperti ini :

“Roh Kudus, apakah Engkau yang sedang berbicara kepadaku? Jika Engkau yang berbicara, tolong tunjukkan aku firman Tuhan di Kitab Suci yang berbicara sama seperti-Mu.”

Jika Roh Kudus yang berbicara kepada Anda, maka biasanya Roh Kudus akan “mengkonfirmasi” atau mengingatkan Anda sebuah firman Tuhan di Kitab Suci yang sama dengan perkataan-Nya. Biasanya firman seperti ditaruh di pikiran Anda atau seperti dibacakan di dalam hati Anda. Suara Roh Kudus tidak pernah bertentangan dengan firman Tuhan di Kitab Suci saudaraku. Mengapa? Sebab Roh Kudus adalah Roh Kebenaran.

“Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26)

Umat yang dikasihi Tuhan, demikian kesaksian saya tentang bagaimana membedakan suara Bapa, Tuhan Yesus dan Roh Kudus yang berbicara kepada Anda. Ini adalah pengalaman hidup saya pribadi bergaul karib dengan Bapa, Tuhan Yesus dan Roh Kudus di bumi. Semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda untuk bergaul karib dengan Tuhan di dunia ini. Kebenaran ini harus saya sampaikan kepada Anda bahwa: Tuhan ingin bergaul karib dengan Anda di bumi saudaraku. Pertanyaannya: Apakah Anda mau bergaul akrib dengan-Nya saudaraku?

Tuhan Yesus memberkati…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel