TUHAN MAJU DIDEPAN KITA




TUHAN MAJU DIDEPAN KITA
Hakim-hakim 4:11-24

Pada bagian pertama topik renungan ini, hendak dikemukakan, bahwa kalau kita mau jujur, dunia hari-hari ini banyak dipenuhi dengan orang-orang yang berjiwa pengecam dan penjilat. Jika kita perhatikan dengan seksama, orang-orang seperti ini cenderung menyelamatkan dirinya dan lari dari tanggung jawab ketika ada masalah terjadi. Ketika ada sedikit masalah, dia akan berusaha mencari jalan yang mudah dan instan. Selalu saya katakan tidak ada jalan yang mudah dalam mengiring Yesus. Alkitab menjelaskan bahWa kita harus pikul salib dan menyangkal diri dan ikut Yesus. Dalam kitab Matius 8:20, Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai Iiang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” Allah kita adalah Pahlawan Penyelamat bagi anak-anak-Nya. Karena itu kita tidak perlu takut dan gentar sebab Tuhan berjalan maju di depan kita. Pertanyaannya adalah untuk apa Tuhan maju di depan kita?

1. Tuhan maju di depan kita untuk meratakan gunung-gunung. Dalam kehidupan ini ada banyak gunung-gunung persoalan, masalah dan tantangan yang seringkal membuat orang kecewa dan putus asa, membuat orang menyerah dan merasa tidak sanggup lagi menjalani kehidupan ini. Tetapi Alkitab berkata Tuhan ada di depan kita, untuk menyelesaikan segala sesuatunya. ltulah sebabnya Alkitab berkata jika kamu tidak bimbang dan percaya, kamu dapat berkata kepada gunung ini beranjaklah dan dia akan beranjak dan tercampak ke dalam laut. Berarti hari ini kita diingatkan Tuhan bahwa gunung-gunung persoalan dan masalah kita bukanlah akhir dari perjalanan iman kita. Kita akan tetap berjalan terus karena Tuhan akan meratakan gunung-gunung tersebut.

2. Tuhan maju di depan kita untuk memecahkan pintu-pintu tembaga. Segala sesuatu yang kelihatannya sudah tertutup, mustahil karena ada pintu tembaga ada di depan kita, tetapi saya mau katakan bahwa di dalam Kristus tidak ada yang namanya jalan buntu, pintu tembaga yang menghalangi segala berkat Tuhan dan kebahagiaan hidup kita. Semua itu akan diratakan oleh Tuhan sehingga kita dapat berjalan maju meralh segala yang Tuhan sudah sediakan.

3. Tuhan maju di depan kita untuk mematahkan palang-palang besi. Semua halangan dalam hidup, hambatan yang menghambat berkat, yang menghambat sukacita kita, tidak perlu kita panik dan menyalahkan orang lain sebab Tuhan sendiri yang mematahkan palang-palang besi, Tuhan yang akan mematahkan segala ikatan yang membelenggu kita sehingga kita dapat berjalan dalam kasih dan kemurahan Tuhan.

4. Tuhan maju di depan kita untuk menghancurkan setiap musuh. Sekalipun kita sudah berjalan dalam iman dan ketaatan, tetap ada saja musuh yang coba menyerang kita. Ketika kita sukses, maju dan berhasil, ada saja orang yang ingin menghambat dan memusuhi kita. Tetapi ini yang ingin saya katakan bahwa Pembela kita bukanlah sembarangan membela tetapi Allah yang dahsyat, Allah yang berkuasa atas isi dunia ini. Pembela kita tidak akan pernah mengecewakan dan mempermalukan kita. Dia membuka ja!an dan melakukan perkara-perkara yang dahsyat dalam kehidupan kita.

Saudaraku, sadarilah bahwa penghiburan yang terbesar dalam kehidupan kita adalah karena Tuhan maju di depan kita. Dia maju bukan tidak berbuat apa-apa, tetapi Tuhan maju untuk membuka semua pintu yang tertutup oleh karena musuh yang menyerang kita dan juga mematahkan setiap apapun yang merintangi kita untuk maju dalam kuasa dan kemuliaan-Nya. Haleluya, Amin!

”SADAR SETIAP HARI BERSAMA YESUS"

==GILBERT LUMOINDONG==

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel