PAHLAWAN-PAHLAWAN YANG SIAP BERPERANG




PAHLAWAN-PAHLAWAN YANG SIAP BERPERANG
Hakin-hakim 5:1-11

Hidup Kristen kita dipersiapkan Tuhan untuk menjadi pahlawan-pahlawan yang siap berperang.
Tuhan tidak menghendaki kita menjadi bayi-bayi manja di dalam Tuhan. ltulah sebabnya Tuhan mengutus malaikat-Nya, Tuhan memberikan Roh Kudus agar kita menjadi orang-orang percaya yang siap berperang dan merebut kemenangan. Berbicara peperangan, ada beberapa hal yang perlu kita pelajari. Yang pertama, peperangan untuk mengalahkan kedagingan. Yesus sendiri berkata roh memang penurut tetapi daging lemah. Karena itu kita harus hidup oleh Roh supaya kita tidak mengikuti keinginan-keinginan daging. Yang kedua, peperangan untuk mengalahkan segala pandangan-pandangan duniawi. Pandangan-pandangan dunia hari-hari ini sangat mengerikan. Melakukan dosa dianggap hal biasa. Berzinah, membunuh, bercerai, aborsi, dsb sudah dianggap normal dan justru solusi dari kehidupan. Yang ketiga, peperangan untuk mengalahkan segala kuasa-kuasa kegelapan. Suka atau tidak suka dunia ini sudah semakin terikat dengan kuasa kegelapan. Yang keempat, peperangan untuk menghadapi segala masalah dan persoalan hidup. Sebagai pahlawan yang Siap berperang, maka klasiflkasinya harus jelas, yaitu:

1. Seorang pahlawan bukanlah pengecut tetapi seorang yang siap mengorbankan segalanya. Seorang pahlawan ketika dia maju berperang bukan dimotori oleh pemikiran untuk mendapatkan jasa kepahlawanannya, tetapi dia berperang dengan tujuan kemenangan dan untuk orang lain. Tidak ada kata negosiasi, tidak ada tawar-menawar dalam diri seorang pahlawan sebab jika kedua hal ini ada, maka saya menyebutnya pengusaha bukan seorang pahlawan. Tuhan menghendaki kita menjadi pahlawan yang tidak hitung-hitungan. Ketika berperang, yang dia ingat adalah kebaikan Tuhan dan semua yang Tuhan sudah kerjakan.

2. Seorang pahlawan adalah seorang yang tidak bersembunyi di tengah masalah. Ketika ada masalah dia tidak akan lari, tidak akan mundur, tidak akan berteriak karena ketakutan, tetapi dia akan tenang menghadapinya karena dia sadar betul ada Tuhan sebagai Pembela bagi dia. Pahlawan harus berani menghadapi tantangan hidup.

3. Seorang pahlawan adalah seorang yang siap untuk hal yang terburuk tetapi selalu mengharapkan yang terbaik. Persoalan dalam kehidupan kita adalah kita selalu mengharapkan yang terbaik dan tidak siap menghadapi hal-hal yang terburuk. Yang saya ingin tekankan di sini bahwa betul kita harus siap dalam segala hal termasuk hal-hal yang terburuk, tetapi pengharapan kita kepada Tuhan untuk hal-hal yang terbaik pasti tidak akan pernah mengecewakan sebab di mana Tuhan hadir, maka yang buruk akan menjadi baik dan yang baik akan bertambah baik.

4. Seorang yang tidak mengeluh untuk apapun yang dihadapinya. Seorang tentara tidak akan pernah mengeluh karena panas dan dinginnya udara. Karena seorang pahlawan tidak akan pernah mengeluh melewati tantangan apapun. Bagi seorang pahlawan “saya harus merebut kemenangan.” Saya mau tegaskan bahwa mengeluh hanya akan membuat beban kita bertambah berat. Mengeluh akan membuat jalan kita bertambah jauh dari Tuhan. Mengeluh akan membuat hidup kita bertambah kecewa. Sebagai hamba Allah, saya mau katakan, jangan pernah mengeluh untuk apapun karena Pembela kita adalah Allah sendiri dan kita tahu segala yang terbaik selalu disediakan Tuhan buat kita. Allah tidak pernah gagal menepati janji-janji-Nya. Ingat! Di tengah air mata, di tengah badai apapun, kita adalah pahlawan-pahlawan Allah yang dijaga sebagai biji mataNya dan pasti akan merebut kemenangan oleh kuasa dan kemuliaan-Nya.

Saudaraku. kita harus menyadari sepenuh hati, bahwa hidup Kristen diproses dan dibentuk Tuhan untuk menjadi pahlawan-pahlawan yang siap untuk berperang. Haleluya, Amin!

"SADAR SETIAP HARI BERSAMA YESUS"

==GILBERT LUMOINDONG==

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel