JALAN TUHAN UNIK




JALAN TUHAN UNIK
Hakim-hakim 3:31

Jalan Tuhan unik dalam setiap kasus dan dalam setiap orang. Karena itu jangan kuatir dan bandingkan dengan orang lain. Dalam hal jawaban doa ada doa yang belum dijawab dan mujizat belum terjadi karena dosa, tetapi ada juga karena Tuhan punya rencana yang khusus dalam hidupnya. Ketika murid-murid bertemu dengan orang buta sejak lahir, mereka bertanya kepada Yesus: Guru, siapa yang salah, dia yang salah ataukah orang tuanya? Pertanyaan ini sangat memojokkan Yesus karena apapun yang Yesus jawab pasti akan menimbulkan masalah dan bertentangan dengan mereka. Tetapi Yesus adalah Tuhan yang penuh hikmat. Yesus berkata: bukan salah dia dan orang tuanya, tetapi supaya perbuatan-perbuatan Allah dapat dinyatakan dalam hidupnya.

lni yang saya mau sampaikan bahwa waktu Tuhan belum mengerjakan persis seperti yang kita harapkan bukan berarti Tuhan tidak mendengar doa-doa kita dan tidak mengasihi kita, tetapi karena Tuhan sedang bekerja menurut rencana-Nya. Pertanyaannya adalah kalau jalan Tuhan itu unik, maka apa yang harus kita kerjakan?

1. Kita tidak dapat memetodekan jalan Tuhan. Ada banyak metode yang kita buat sendiri dan akhirnya jutsru membuat kita bingung. Betul Alkitab mengajarkan bahwa Yesus datang untuk memberi kelimpahan, tetapi konsep kelimpahan-Nya berbeda dengan konsep kelimpahan dunia. Ada orang karena ikut Yesus kemudian dibenci, dihina dan dikucilkan. Petrus dan Paulus masuk penjara padahal mereka memberitakan kebenaran. lkut Tuhan penuh dengan mujizat. Artinya, kalau kita menghadapi masa-masa yang sukar tidak perlu kecil hati, jangan iri dan sombong karena jalan Tuhan berbeda dengan jalan kita. Bagian kita adalah siap dan berserah, mengandalkan Tuhan dan taat saja sebab Tuhan membuat segala sesuatunya indah pada waktunya dan Allah turut bekerja dalam segala sesuatunya untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang mengasihi Dia. Biarkan Tuhan yang menyatakan jalan-Nya dan kita dengan iman yang teguh berkata biarlah kehendak-Mu yang jadi bukan kehendakku.

2. Kita tidak boleh cepat menyerah. Kalau yang kita harapkan belum terjadi bukan berarti Tuhan lalai menepati janji-Nya tetapi karena Dia sedang menyiapkan sesuatu yang jauh lebih baik buat kita. Kadangkala kita kecewa pada Tuhan karena apa yang kita minta belum terjadi, tetapi Tuhan dengan penuh kasih menatap kita dan berkata: anak-Ku, Aku sedang melatih engkau, Aku sedang mengajar engkau untuk bersabar dan berserah penuh kepada-Ku. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Ku sebab Aku yang memelihara engkau.

3. Kita harus belajar untuk berserah dan mengerti kehendak Tuhan. Alkitab berkata orang yang mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya maka semuanya akan ditambahkan kepadanya. Artinya, orang yang mengerti kehendak Tuhan, maka dia tidak akan memaksakan kehendaknya tetapi justru merelakan segalanya demi kehendak Allah terjadi dalam hidupnya. Pada akhirnya dia mengerti jalan-jalan Tuhan, dia bersyukur, bersukacita dan melihat hal-hal baik dinyatakan dalam hidupnya.

4. Kita harus selalu memiliki pikiran yang positif. Dalam prakteknya kita harus selalu ingat kalau Tuhan menghendaki maka Dia pasti akan menyelesaikannya bagi kita. Jangan membiasakan diri berpikir negatif karena apa yang kita pikirkan kadangkala itu yang akan terjadi dalam hidup kita. Ada banyak orang hidup susah bukan karena Tuhan tidak menolong tetapi karena pikirannya terus dipenuhi dengan hal-hal yang negatif.

Saudaraku, menyadari jalan Tuhan itu unik; artinya sekalipun tidak mampu metodekan, namun jangan cepat menyerah, justru belajar berserah, mengerti kehendak-Nya dan berpikir positif karena jalan bersama Tuhan selalu yang terbaik. Haleluya, Amin! !

"SADAR SETIAP HARI BERSAMA YESUS"

==GILBERT LUMOINDONG==

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel