Raja Koresh, Raja Persia Pembangun Bait Suci di Yerusalem




Raja Koresh, Raja Persia Pembangun Bait Suci di Yerusalem

Ternyata Raja Persia yang bernama Koresh atau Cyrus The Great ini mendukung pembangunan Bait Suci umat Yahudi yang kedua. Bait Suci pertama dibangun oleh Raja Salomo lalu dihancurkan oleh Nebukadnezar dari Babilonia. Babilonia dikalahkan oleh Persia sehingga Persia turut berkuasa atas Yehuda dan menawan bangsa Yehuda. Saat itu kerajaan Israel pecah jadi dua yaitu Israel dan Yehuda (Yehuda itu anak Yakub (Israel) yang adalah sukunya Yesus).

Raja Koresh mengizinkan dan mengeluarkan perintah agar Bait Suci dibangun. Bahkan Raja Koresh mengakui ADONAY ISRAEL YAKNI ADONAY YANG DIAM DI YERUSALEM. Padahal Raja Koresh tidak percaya TUHAN dan bukan bangsa Israel, bukan orang Yahudi. Kisah tentang Koresh ada dalam Kitab Ezra, berikut kutipannya pada Ezra 1:2-4

“Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Adonay semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Adonaynya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Adonay Israel, yakni Adonay yang diam di Yerusalem. Dan setiap orang yang tertinggal, di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Adonay yang ada di Yerusalem."

Perintah Koresh yang tercatat dalam Alkitab itu ternyata juga tercatat sebagai peninggalan arkeologi yang disebut Cyrus Cylender dan masih tersimpan hingga sekarang di Museum London. Perintah Koresh yang luar biasa ini dianggap sebagai Deklarasi Hak Asasi Manusia yang pertama. Koresh bukan saja memberikan izin Bait Suci dibangun tetapi juga memerintahkan rakyatnya untuk mendanai pembangunan Bait Suci umat Yahudi. Toleran sekali ya!
Raja Koresh, Raja Persia ini bukan tokoh fiktif ya sodara-sodara, karena di Iran (Kerajaan Persia berubah jadi negara Iran, Israel juga berubah jadi negara Israel) ada perayaan Hari Koresh setiap 29 Oktober.

Yang luar biasa lagi nih ya, Nabi Yesaya sudah lebih dulu bernubuat (meramalkan) tentang kehadiran Koresh 400 tahun sebelum Koresh lahir! Lihat di Kitab Yesaya 44: 28 Akulah yang berkata tentang Koresh: Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci: Baiklah diletakkan dasarnya!".

Nah, masih ngga percaya Israel itu udah ada sejak dulu? Tuh Raja Kerajaan Persia akui Yerusalem sebagai milik Kerajaan Yehuda lho. Jadi sejarah Israel pun berkaitan dengan sejarah Persia.

#sejarahIsrael
#FigurBiblika
#HadassahofIndonesia

Sumber FB Hadassah of Indonesia

0 Response to "Raja Koresh, Raja Persia Pembangun Bait Suci di Yerusalem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel