Legenda 7 Pemuda Ketiduran di Gua





Legenda 7 Pemuda Ketiduran di Gua

Alkisah pada pemerintahan Kaisar Decius, 7 pemuda melarikan diri ke sebuah gua di bawah gunung Koressos,Efesus. 7 pemuda ini merupakan bagian dari agama yang kala itu dilarang oleh pemerintah Romawi, kristen. Orang2 kristen mengalami persekusi hebat dan sering diburu untuk dibungkam. Menyembah dewa dan kaisar maka mereka akan selamat. Jika menolak,mereka akan disiksa sampai mati.

7 pemuda ini bersembunyi di dalam gua dan berharap pasukan Romawi akan melewatkan gua ini. Kelelahan,mereka pun tertidur pulas. Sialnya, mereka ketahuan dan Kaisar Decius yg kejam bagai mata ibu kos di tanggal tua, memerintahkan untuk menutup gua tersebut.Mengubur mereka dari kehidupan selamanya...

7 pemuda ini terbangun dari tidurnya dan merasa lapar. Salah satu dari mereka memutuskan untuk berjalan ke kota untuk membeli makanan. Ketika sampai di kota, pemuda ini terkaget2 melihat kota yg mereka tinggalkan kemarin berubah total. Banyak bangunan gereja dan penduduknya sudah beragama kristen. Pemuda ini kemudian membeli makanan dan si penjual makanan bingung melihat sang pemuda memberikan uang koin dengan muka kaisar Decius yg sudah mangkat ratusan tahun lalu. Pemuda yg kebingungan ini kemudian dibawa ke uskup setempat. Pemuda ini kemudian baru menyadari kalau dia dan teman2nya telah tertidur selama ratusan tahun. Pemuda ini kemudian memanggil teman2nya ke kota lalu bersyukur kepada Tuhan dan meninggal dengan damai.

Legenda 7 pemuda ini ada di dua agama besar dunia,yaitu Kristen dan Islam. Dalam Islam kisah ini disebut Ashab-al-Kahf.Dan ada versi lain yg menyatakan kalau kisah ini terjadi di Amman,Jordania.Yang saya ceritakan diatas adalah versi kristen. Konon ketujuh pemuda tersebut kemudian dikubur di gua tempaat mereka bersembunyi dan selama berabad2,tempat ini menjadi tempat favorit penduduk Efesus untuk penguburan.

Sekarang kita bisa mengunjungi tempat ini di Selcuk,Turki. Bangunan dan reruntuhan gereja berdiri di gua ini,sayangnya kita hanya bisa melihat dari pintu besi yg menutup akses masuk ke dalam. Namun jangan khawatir, selain gua ini, anda bisa melihat pemandangan perkebunan buah yg indah dan benteng Ayasoluk nun jauh disana. Sungguh damai dan bikin ngantuk...jangan ketiduran ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel