SIAP DIMUSUHI




SIAP DIMUSUHI
Hakim-hakim 8:1-3

Menjadi umat Tuhan tidak terlepas dari kesiapan untuk dimusuhi. Alkitab berkata kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku (Matius 10:22). Jangan sampai kita dibenci semua orang karena karakter dan cara hidup kita yang tidak baik. Jika ini yang terjadi Maka kita harus bertobat dan berubah. Tetapi harus kita sadari kalau kita dibenci karena iman kita kepada Tuhan, maka iman kita tidak boleh goyah karena Pembela kita adalah Allah Sendiri yang mengutus Roh Kudus-Nya untuk tetap memberikan damai dan kekuatan dalam segala perkara. Mengapa kita dimusuhi? Jika kita mau jujur maka kita akan menyadari bahwa kita hidup di dalam dunia yang memusuhi kita. Karena itu, tidak ada pilihan lain selain kita siap untuk dimusuhi oleh dunia. Mengapa demikian?

1. Karena orang yang diberkati akan dimusuhi. Dunia ini adalah dunia yang penuh dengan kecemburuan dan keirihatian. Mengapa? Karena dunia persaingan hari-hari ini makin ketat. Akibatnya, tidak sedikit orang yang tidak bisa menerima kemajuan dan kesuksesan orang lain. Karena itu orang yang diberkati seringkali banyak dimusuhi, dijelek-jelekkan bahkan difitnah. Sebagai orang percaya, jangan terlibat dengan kelompok orang yang suka gosip dan suka memfitnah. Orang-orang yang demikian biasanya karena iri hati. Sebagai hamba Allah, saya mengajak kita untuk sadar bahwa dunia membenci orang yang diberkati, tetapi kita percaya bahwa orang yang hidup benar dan setia pada Tuhan, akan selalu melihat dan mengalami berkat Tuhan yang luar biasa. Kita diberkati bukan untuk menjadi sombong, kita diberkati supaya kita dapat menjadi berkat bagi orang lain.

2. Karena orang yang hidup benar akan dimusuhi. Mengapa dimusuhi? Jawabannya karena 
kebenaran seringkali menyingkapkan kesalahan. Jadi kalau orang hidup benar maka itu akan menjadi ancaman buat orang yang hidup di luar kebenaran. Karena itu, orang akan memandangnya dan berkata orangnya aneh, sok suci, menyebalkan, dsb. Sebagai orang percaya, kita tidak bisa kompromi dengan hal-hal tersebut. Apakah orang mau memusuhi kita atau tidak, kebenaran harus kita pertahankan.

3. Karena orang yang hidup dengan prinsip akan dimusuhi. Banyak orang sekarang hidup dengan kesenangan untuk mempengaruhi. Mengapa? Karena dunia penuh dengan orang yang ikut-ikutan mentalnya ikut-ikutan sehingga bagi mereka yang punya prinsip hidup yang tegas biasanya tidak akan disukai. Ingat! Orang-orang yang punya mental ikut-ikutan kepastiannya adalah kehancuran, tetapi orang-orang yang memiliki prinsip tegas dalam hidupnya akan memimpin dia pada kebenaran dan akan selalu melihat hal-hal yang baik dalam hidupnya.

4. Karena orang yang hidup dalam iman tidak pernah akan disukai oleh dunia. Sebagai orang percaya, kita tidak punya pilihan lain selain hidup dalam iman. Alkitab berkata tanpa iman tidak ada seorangpun yang dapat berkenan kepada Allah. Sementara itu kita juga tahu bahwa kalau orang hidup beriman kepada Kristus akan cenderung dijauhi. Saya mau katakan bahwa siapapun boleh menjauhi kita, tetapi selama Yesus beserta dengan kita! maka berlaku firman bahwa kita adalah orang-orang yang lebih dari pada pemenang.

Saudaraku, orang boleh memusuhi kita tetapi kalau kita hidup dalam kebenaran, kita tidak membalas yang jahat dengan yang jahat. Dimusuhi tetapi kita harus mengasihi. Itulah pribadi Kristus yang harus kita teladani menjadi prinsip kesadaran umat yang dikasihi Tuhan untuk mengasihi sesama. Haleluya, Amin!

"SADAR SETIAP HARI BERSAMA YESUS"

==GILBERT LUMOINDONG==

0 Response to "SIAP DIMUSUHI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel