SEPERTI YANG DIFIRMANKAN TUHAN





SEPERTI YANG DIFIRMANKAN TUHAN
Hakim-hakim 6:25-32

Kunci kepastian kemenangan dalam hidup ini adalah ketaatan. Orang yang taat pasti akan mengalami kemenangan sekalipun perjuangannya berat. Orang yang taat bukan berarti tidak ada masalah dan tidak menghadapi persoalan, tetapi orang yang taat pasti akan merebut kemenangan. Kekristenan tanpa ketaatan hanyalah kemunafikan. Ciri-cirinya adalah: selalu ingin menyenangkan hati semua orang, tidak mau susah, hati dan perkataannya berbeda, kalau dia melakukan sesuatu tujuannya supaya dilihat orang. Yesus saja tidak berhasil menyenangkan setiap hati manusia. Karena itu hidup Kristen harus menjauhkan diri dari kemunafikan. Jika tidak, maka akan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Biarlah apapun yang kita kerjakan kita mengerjakannya seperti untuk Tuhan.

Yang dibebankan kepada Gideon tidaklah mudah. Dia harus menghabisi berhala-berhala Baal. Firman Tuhan berkata: Kemudian Gideon membawa sepuluh orang hambanya dan diperbuatnyalah seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya. Tetapi karena ia takut kepada kaum keluarganya dan kepada orang-orang kota itu untuk melakukan hal itu pada waktu siang, maka dilakukannyalah pada waktu malam-ayat 27. Dari ayat ini jelas bahwa Gideon taat melakukan apa yang Tuhan perintahkan.

Ada banyak orang cinta Tuhan tetapi susah untuk taat. Pertanyaannya adalah bagaimana supaya seseorang dapat hidup taat?

1. Seseorang bisa taat jika hatinya mencintai Tuhan dengan sungguh-sungguh. Cinta Tuhan perlu tetapi cinta Tuhan bukanlah akhir dari segala-galanya. Cinta Tuhan harus menjadi motor penggerak sehingga kita lebih laju, lebih maju dan lebih bertindak untuk berjalan daiam ketaatan. Jika hanya mencintai Tuhan tanpa melangkah maju maka cinta kita kepada Tuhan akan menjadi biasa-biasa saja. Justru karena kita cinta akan Tuhan maka kita akan berbuat, bertindak, melakukan sesuatu dan kita bisa berkata seperti Daud berkata: dengan apakah dapat kubalas segala kebaikan-Nya kepadaku.

2. Seseorang bisa taat jika ia memahami firman Tuhan dengan benar. Ketika kita mengerti kehendak Tuhan, maka kita pasti akan berjalan dalam ketaatan tanpa bertanya. Jika kita tidak mengerti firman, maka dalam prakteknya kita akan selalu bertanya-tanya mengapa harus sabar, mengapa tidak boleh menyerah, dsb. lni yang seringkali kita tidak sadari dan tidak mengerti bahwa ketika kita taat melakukan seperti yang difirmankan Tuhan, maka kita akan tetap berjalan maju dan melihat kemuliaan Allah dinyatakan.

3. Seseorang bisa taat jika ia dipenuhi dengan Roh Kudus. Roh Kudus adalah roh yang menghibur, menolong dan mendorong bagi kita untuk berjalan dalam ketaatan. Jika hari-hari ini Saudara belum bisa taat melakukan apa yang difirmankan Tuhan, maka undanglah Roh Kudus masuk dalam hidup Saudara untuk menuntun Saudara berjalan dalam ketaatan sekalipun dalam keadaan sedang menghadapi tantangan yang berat dalam kehidupan.

4. Seseorang bisa taat jika dia mengerti hukuman kekal. Ketika kita tahu bahwa pada hari terakhir setiap lutut akan bertelut dan setiap lidah akan mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan ketika kita tahu bahwa pada waktunya semua akan berdiri di depan tahta pengadilan Kristus dan setiap nama akan tercatat dalam buku kehidupan dan nama yang tidak tercatat dalam buku kehidupan akan mendengar perkataan Tuhan; enyahlah dari hadapan-Ku hai kamu pembuat kejahatan, maka kita akan taat.

Saudaraku, kalau dalam hidup ini kita menyadari dan tetap setiap untuk belajar melakukan apapun seperti yang difirmankan Tuhan, maka ada banyak hal yang dahsyat Tuhan nyatakan dalam kehidupan kita. Haleluya, Amin!

"SADAR SETlAP HARl BERSAMA YESUS"

==GILBERT LUMONDONG==

0 Response to "SEPERTI YANG DIFIRMANKAN TUHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel