JAGA MULUT, JAGA HATI!!



JAGA MULUT, JAGA HATI!!

"Mulut orang benar mengucapkan hikmat, dan lidahnya mengatakan hukum; Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah" (Mazmur 37:30-31).

Shalom en Selamat Siang Sobat-sobatku yang terkasih di dalam Kristus Yesus...

Sobat...
"Mulutmu harimaumu", sebuah peribahasa yang mengandung pesan bahwa kita harus menjaga semua ucapan yang keluar dari mulut kita, sebab perkataan yang sudah terlanjur diucapkan jika tidak dipikirkan terlebih dahulu maka akan merugikan diri kita sendiri!

Sobat-sobat terkasih...
Mazmur 37:30-33, sungguh memahami dampak dari sebuah perkataan secara positif maupun negatif. Well... Ada beberapa hal yang diungkapkan oleh Pemazmur di ayat ini, yakni:

1. Mengucapkan hikmat sehingga menjadi berkat (Baca, Mazmur 37:30a).
Pikiran yang positif mampu menyampaikan pesan-pesan positif, seperti memotivasi, memberi dukungan, memberi pujian kepada orang lain, bersyukur dan memuji Tuhan.

2. Jadi bukannya malah sebaliknya, mengintai orang benar (Baca, Mazmur 37:32). Menggunakan perkataan yang mampu membunuh karakter orang lain, seperti mengucapkan kutuk bagi orang lain, menggosipkan orang lain, fitnah, menghasut or memprovokasi, dan sumpah serapah, or bisa juga dengan membunuh diri sendiri dengan cara mengutuki dan secara berlebihan menyalahkan diri sendiri, mengeluh dan merasa pesimis.

3. Mengatakan hukum or mewujudkan kebenaran melalui ucapan-ucapan yang menunjuk kepada keadilan, kejujuran, tidak berdusta or munafik, dan tidak sombong.
(Baca, Mazmur 37:30b).

4. Taurat Allah ada di hatinya, sehingga langkahnya tidak menjadi goyah.
Taurat or Firman Tuhan adalah sebuah pedoman or pemandu sehingga perjalanan hidup orang percaya tidak menjadi tersesat, mampu bangkit dan tetap melangkah meski harus berulang kali tersandung or terjatuh.
(Baca, Mazmur 37:31).

Sobat-sobatku yang terkasih...
Kata-kata adalah jendela hati kita, maka olweis jagalah mulut dan hati kita!
Mari kita buka hati kita dan berilah tempat bagi Roh Kudus untuk mengendalikan hati kita sepenuhnya!! @MiN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel